About Me

Foto saya
Even gravity loves me.

Senin, 18 April 2016

REVIEW : BEING JOHN MALKOVICH (1999)

Assalamualaikum para ahli surga :)

Mamamia Lezatos!

Curhat dikit ya, entah kenapa beberapa bulan terakhir semenjak kosan gue dipasang wi-fi, hidup mendadak berubah. Bawaannya jadi produktif buat ngeblog dan nyari bahan buat di blog, pokoknya produktif banget deh. Tapi ya ngga lupa produktif juga ngerjain skripsinya dong hehe ~

KALIAN DOAKAN SEMOGA INTAN WISUDA TAHUN INI YA! AAMIIIN YA RABB :)

BTW setelah gue nonton salah satu filmnya Charlie Kaufman yang judulnya Eternal Sunshine of The Spotless Mind, gue langsung nyari siapa itu Charlie Kaufman dan udah berapa banyak film "gak standard" yang udah dibuatnya. Salah satunya yang terbaru ini gue tonton judulnya Being John Malkovich, yang seriusan, ini aneh-gak standard-unik, mungkin? dan tertarik karena posternya yang ngga kalah unik. Yuk langsung nyimak aja :

Ceritanya tentang sepasang suami istri, Craig Schwatz (John Cussac) dan Lotte (Cameron Diaz) yang sama-sama punya obsesi aneh. Si suami, Craig, bekerja sebagai seorang puppeters (pemain boneka puppet) jalanan yang ngga sukses, tapi tetep menekuni pekerjaan puppetnya itu. Sedangkan si istri, Lotte, punya kecintaan yang berlebihan sama binatang sampe sampe rumahnya diisi sama banyak jenis hewan. Suatu hari, Lotte minta Craig untuk mencoba pekerjaan baru diluar dunia puppet. Craig pun melamar dan diterima di perusahaan Lester Corp.

Lester Corp ini unik guys, karena di dalemnya ada lantai 7,5 yang memiliki atap rendah sehingga pekerja di lantai 7,5 ini harus bungkuk kalo jalan. Wah ini sih kesalahan besar banget dalam ilmu ergonomi yang kupelajari di bangku kuliahku, uuuuuhhh~ (?)



Nah kebetulan Craig ini kerjanya di lantai 7,5 guys, dan suatu hari ia ketemu sama rekan kerja satu lantainya yg namanya Maxine (Catherine Keene) dan Craig langsung punya obsesi berat sama Maxine. Craig ini selalu ngejar-ngejar Maxine tapi sayang Maxine ngga pernah peduli sama Craig.

Mau ngelamar kerja disini?

Suatu hari, Craig menemukan satu pintu kecil rahasia di kantornya itu. Penasaran, ia pun memasuki pintu rahasia itu. And you know what? Ternyata pintu itu adalah jalan masuk ke dalam pikirannya seorang John Malkovich! Dia bisa jadi John Malkovich selama 15 menit!
Cameron Diaz jadi keliatan gembel di filem ini, lho

Gue pikir awalnya nama John Malkovich cuma nama fiktif aja buat ini pilem, eh taunya emang ada coy orang yang namanya John Malkovich, dan ternyata aktor juga di Amerikanya.

Seteleha 15 menit masuk di pikirannya John Malkovich dan jadi John Malkovich, Craig terdampar di pinggir jalan dalam perasaan bahagia. Craig yang seneng banget bisa ada di dalem pikirannya John Malkovich ini langsung ngasih tau istrnya, dan istrinya pun nyobain ada di "dalem" John Malkovich. Tapi, sayangnya istrinya ini malah jadi terobsesi berat jadi John Malkovich, dan ngerasa dia adalah "cowok" yang punya "ehem". Terlebih setelah di kantor Lotte dikenalkan sama Maxine, timbul "hasrat" aneh yang menurut dugaan gue doi ini sebenernya ada penyimpangan seksualnya.



Kebayang kan, suami istri ini sama sama terobsesi sama Maxine dan saling berebut Maxine di sepanjang jalan cerita filmnya? Sumpah ini aneh banget. Bahkan Craig sampe ngurung istrinya sendiri di kandang simpanse demi bisa masuk ke John Malkovich dan "ehem" sama Maxine. Eduuun!

Maxine memanfaatkan Craig dan pintu rahasianya ini sebagai ladang bisnis dimana setiap orang bisa ngerasain "indahnya" jadi John Malkovich dengan upah 200 dollar per sekali masuk.

 

Craig ditolak Maxine, Lotte boleh "suka" sama Maxine dengan kondisi Lotte harus ada dalem John Malkovich. Jadi, ya kalo mau "ehem" Lotte harus masuk ke pintu itu dulu.

Gimana jadinya John Malkovich masuk ke pikirannya sendiri?
Pokoknya ditonton ajalah, makin dijelasin makin susah buat kalian ngerti cerita filmnya karena ini idenya baru dan asli banget, aneh, unik, beda dari biasanya. Nanti di film juga akan dijelasin soal John Malkovich itu~

Yang bikin penasaran, kenapa harus si John Malkovich? Kenapa ngga artis lain gitu misalnya Jim Carrey, atau George Clooney gitu?

Di akhir film, gue bingung sendiri, kalo pikiran John Malkovich terus terusan dimasukin orang, terus kapan John Malkovich jadi dirinya sendiri?

Pamit dulu, laptop panas. Wassalamualaikum~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar