About Me

Foto saya
Even gravity loves me.

Senin, 28 Maret 2016

REVIEW FILM (+NOVEL) : THE 5TH WAVE (MOVIE VS BOOK)

Assalamualaikum Wavers :)

Mamamia Lezatos!

Postingan kali ini gue akan ngebahas dan ngereview salah satu film yang (again) bertemakan dystopian-apocalyptic yong adult yang emang sekarang lagi laku di pasaran. Yep! The 5th Wave yang merupakan salah satu buku yang ditulis Rick Yancey ini memberi para pembaca satu dunia dimana Bumi perlahan mulai diambil alih sama alien.

Here we go~

 "We're not rescued dumb-ass, we got drafted" - Ringer

Sinopsis :
Cerita dibuka dengan Cassie Sullivan (Chloe Grace Moretz) yang lagi lari-lari di hutan sambil membawa senapan, dan tiba di supermarket yang udah kosong untuk mengambil beberapa makanan, tiba-tiba mendengar suara minta tolong dari seorang pria. Cassie dan pria tentara yang lagi sekarat itu sama-sama menodongkan pistol satu sama lain. Cassie curiga sama tentara sekarat itu karena salah satu tangannya berada di balik bajunya. Dan guess what? Cassie lebih dulu menembak tentara sekarat tersebut.
OKE, that wasn't a spoiler ya karena itu salah satu clip yang emang dipake buat promosi sebelum film ini tayang.
Cassie tadinya cuma cewek SMA biasa aja, punya adik kecil gemesin namanya Sammy Sullivan (Zackhary Arthur), sahabat terbaiknya Lizbeth Altschuler, dan gebetan gantengya Benjamin Thomas Parish (Nick J. Robinson). Hidupnya, dan hidup seluruh umat manusia di muka bumi mendadak berubah 180 derajat ketika The Others datang ke Bumi. Mulai terjadi keanehan-keanehan yang melumpuhkan ruang gerak manusia secara bertahap atau ada gelombangnya. Nah, 5th wave ini artinya gelombang ke-5. Terus apa dong gelombang ke-1 sampe ke-4 nya?


First Wave - Gelombang Pertama
"The Others hit us with the electromagnetic pulse that killed all the power of the planet" yep, mereka mematikan ruang gerak manusia dengan serangan elektromagnetik yang dampaknya akan mematikan seluruh alat dan mesin yang dialiri arus listrik.
Mesin pesawat mati, kebayang?

Second Wave - Gelombang Kedua
Terjadi bencana gempa bumi dimana-mana, membuat banyak kerusakan yang (again) semakin mempersempit ruang gerak manusia.
Third Wave - Gelombang Ketiga
"In Ohio, we only had the lake to worry about. But by the ocean? I can only imagine" Bencana alam buatan The Others selanjutnya yaitu Tsunami. 


Fourth Wave -Gelombang Keempat
"There are over 300 billion birds in the world, that's 75 birds in every person" Selanjutnya The Others menyerang Bumi lewat serangan virus flu burung yang udah dimodifikasi sehingga penyebarannya sulit dicegah, salah satu virus mematikan yang semakin mengurangi populasi manusia di Bumi.





Gelombang keempat ini sedih guys, karena (maaf, spoiler) korbannya yaitu Lizbeth sama Mamanya Cassie ;( Setelah kepergian ibunya, Cassie sekeluarga berniat untuk pergi ke Kamp Pengungsian yang menampung warga yang masih bertahan. Kamp ini dipimpin sama seorang leader mantan tentara namanya Hutchfield.


Nah, disini nih mulai banyak yang beda sama bukunya. Tapi itu nanti gue bahas belakangan biar ngga spoiler-spoiler amat buat yang belum nonton.

Setelah beberapa hari berada di Kamp Pengungsian, tiba-tiba aja datang mobil tentara yang gue ngga tau namanya apa, pokoknya yang suka dipake tentara kalo perang deh hahaha, dan beberapa bis sekolah kuning mencrang. Pasuka ini dipimpin oleh seseorang yang namanya kolonel Vosch, penuh cita rasa jerman~
Liev Schreiber sebagai pemeran kolonel Vosch

Jadi ceritanya, mereka ini datang dari pangkalan militer setempat yaitu Wright-Patterson, untuk mengidentifikasi adanya The Others yang ternyata berwujud sama seperti manusia yang berkeliaran bebas. Warga pengungsian panik, dan kolonel Vosch bilang keselamatan anak-anak diutamakan. So, para tentara ini memboyong anak-anak pengungsian untuk pergi naik bus sekolah yang kuning mencrang itu.

Disinilah Cassie sm adiknya yang gemesin itu, kepisah.......

Ketinggalan bis gara-gara boneka beruang, duh Cassie
OK sis lanjut. Scene berganti ke Pangkalan Militer Wright-Patterson dimana kita bisa ketemu lagi sama si ganteng Ben Parish yang ternyata masih hidup!

Ternyata di Wright Patterson, anak-anak ini wajib ikut pelatihan militer dengan maksud memburu The Others yang berkeliaran? Anak-anak ini dipasangin semacem alat pendeteksi gitu di leher belakangnya, ngiluuuuu~

Lho kenapa kudu anak-anak? Di Korea aja wajib militer umur 21 tahun tuh, si Siwon Super Junior aja sampe cuti hahahaha :D

STOP buat kalian yang belum nonton! Karena makin ke bawah ini makin spoiler, kecuali kalo emang penasaran banget ya mangga ~
Trailer :

Jadi, sebenernya yang dimaksud The Others adalah orang-orang di Wright-Patterson ini guys. Tujuannya ngambil anak-anak untuk di-militerisasi karena anak-anak kan polos, gampang dicuci otaknya, dan pemikirannya ga akan sekompleks orang dewasa jadi enak dikibulin gitudeh. Nah maksud mereka memburu The Others yang masih berkeliaran, itu artinya memburu manusia terakhir yang masih bertahan. Jadi semacem diputer-balikin fakta gitu.
Nah sekarang kita bahas nih perbedaan antara buku sama film the 5th wave ini, yuk!
  1. Pemeran Reznik harusnya cowok (di buku), bukan cewek (di film)
  2. Peran Dr. Pam, dihilangkan.
  3. Ben seharusnya diambil paksa dan sekarat pas dateng ke Wright Patterson (di buku)
  4. Ben ngga kenal sama Cassie, sama sekali (di buku), bukannya "Hei Ben, casing HPmu bagus" (film)
  5. Cassie kepisah sama Sammy bukan gara-gara ngambilin boneka beruang (film), tp karena keputusan Cassie dan bapaknya (buku)
  6. di Film, drone tampak hanya sekali sedangkan di buku, drone berkeliaran dimana-mana
  7. Adegan "ehem" kissing si Evan sama Cassie itu di rumah (buku), bukan di mobil tengah hutan (film)
  8. Ada adegan Cassie potong rambut di buku, tapi di film dihilangkan.
  9. Ringer dipindah ke Squad 53 pimpinan Ben karena masalah kedisiplinan (film), tapi karena alasan Squad 53 lemah dan butuh pimpinan baru (buku)
  10. Salah satu anggota Squad 53 ada yang mati, gue lupa itu Oompa atau Poundcake (buku), dan ngga ada di filmnya
Anyway segitu dulu ya, kritik saran boleh di comment. Thankyou :')











Tidak ada komentar:

Posting Komentar