About Me

Foto saya
Even gravity loves me.

Selasa, 29 Maret 2016

Cara Mengurus KTP dan KTM yang Hilang - MASUK!




Assalamualaikum brosis :)


Mamamia Lezatos! 


Sedikit mau berbagi info seputar kehilangan dompet yang waktu itu kecopetan :( ya namanya juga orang pasti ada apesnya. Gapapa lah, mungkin emang bukan rejekinya gue itu dompet sm isi-isinya hilang semua. Duit sih ngga seberapa, tapi jeroannya kayak Kartu Member, KTP, Kartu Mahasiswa, dan segala bon-bon serta kuitansi lainnya itu yang justru sangat disayangkan banget kan.

Khususnya buat mahasiswa dan orang perantauan seperti gue, bisa-bisa kalo apesnya didouble seperti razia kos mendadak atau ketilang atau mau daftar apalah, terus pas ditanya "Mana KTPnya?" kita bisa jawab apa? bisa-bisa nanti kita disangka teroris lagi kan gaswat.

Nah berikut ini tips buat kalian yang mau buat KTP sama KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang baru, cekidot :

KTP

Sumber Foto : KTP Pangeran Ganteng

Nah, buat kamu kamu yang kehilangan salah satu barang vital ini, alangkah baiknya kalo kamu ikutin step-step di bawah ini :

1. Tenang
Ini penting, pokoknya jangan panik dulu dan jangan keliatan panik apalagi pas kamu di tempat umum. Bisa-bisa kalo kamu panik, situasi itu bakalan dimanfaatin sama oknum tertentu yang nantinya malah makin mempersulit. Inget! Tenang, karena KTP yang hilang pasti bisa diurus.

2. Cari Lagi
Pastiin kalo itu memang benar hilang. Syukur Alhamdulillah kalo ketemu, kalo ngga? ikutin step step ini !
  • Pulang dulu ke Rumah
  • Siapkan pas foto 3x4 cukup 2 lembar aja, kalo punya lebih silakan dibawa aja
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) saat ini, kalo kamu dengan si dia belum jadi keluarga baru. Mungkin belum jodohnya (?)

3. Lapor RT RW Setempat 
Kamu bisa langsung ke RT RW setempat (domisili kamu) buat minta surat pengantar, nah nanti pak RT ngebuatin surat pengantar buat ke polisi, surat itu biasanya minta dilegalisir dulu sama Pak RW jadi setelah ke RT kamu ke RW. Syukur-syukur mereka tetanggaan jadi kamu ga perlu repot~
Untuk yang negkos atau yang bukan ada di daerah aslinya karena lagi perantauan, caranya tetep sama ya hubungi RT RW dimana kamu tinggal. Syukur-syukur mereka juga tetanggaan, jadi enak gak capek hehe. 

3. Lapor Polisi 
Laporlah masalah kehilangan kamu ke polisi setempat, gausah ke Polda karena kamu kan bukan artis hehehe. Cukup ke Polsek terdekat aja. Tanya sama petugas yang kamu temuin, nanti dianterin ke bagian pelayanan umum, syukur-syukur sampe dianterin pulang lagi kalo tampang kamu cukup kece~ Kasihin surat pengantar dari RT RW yang tetanggaan tadi, terus kamu jelasin aja keluhannya apa. Apakah hanya KTP yang hilang? Atau seisi dompet yang hilang. Kalo seisi dompet yang hilang biasanya ditanyain apa aja isinya, untuk ini jawab aja seingetnya ga usah terlalu mikir pake rumus diskrit segala. Ini sih seharusnya ngga dipungut biaya, tapi kalo kamu rada segan atau emang doi minta yah kasih aja seikhlasnya lah, anggep aja ongkos ngeprint gitu. Sekarang harga tinta botol kan rada mahal tuh (?)

4. Pergi Ke Kantor Kelurahan/Desa 
Nah setelah kamu dianter pulang sama polisinya (?) segera pergi ke kantor kelurahan/desa dengan membawa 2 buah surat RW dan Kepolisian, sama berkas yang tadi kamu siapin dari rumah. Nanti disana kamu bakal ngisi formulir pengajuan pembuatan KTP yang hilang, dan ditanda tangan sama Pak Lurah/Kepala Desa kamu. Habis itu ditumpukin deh berkas kamunya terus dijadiin bungkus gorengan. Eh, maksudnya ditumpuk buat disampaikan ke kecamatan kamu.


5. Menunggu
Inilah kondisi yang biasanya ngebikin kamu hopeless sama gebetan yang ngga juga ngasih jawaban dan beberapa hari kemudian taunya dia update instagram sama cowok/cewek lain, terus kamu love fotonya dan comment "cie akhirnya jadi juga, selamat ya! traktir bisa kali!" brb gorok leher
Eh menunggu itu maksudnya kamu nungguin panggilan dari petugas kecamatan yang belum ngasih jawaban ke kamu  perihal kapan KTP kamu bisa diambil. Siapa tau pas KTP kamu jadi, status kawin KTP nya ganti dari "belum kawin" jadi "kawin" sama si petugas camat yang ngurusin KTP kamu barusan hahaha.

Selamat ya, semoga langgeng! Traktir bisa kali! 


KTM
 KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) ini biasanya merupakan bentuk kerjasama antara pihak kampus dama pihak bank. jadi KTM selain fungsinya sebagai ID mahasiswa kamu dia juga bisa berfungsi selayaknya ATM gitu, istilahnya rekening mahasiswa lah. Ini bisa kamu pake sebagai ATM atau juga biasanya ini berhubungan sama database kampus kamu semacam pembayaran uang kuliah semesteran dan semesteran ngulang #ups jadi si bank ini bisa langsung nerima pembayaran dari saldo yang ada di KTM kamu gitu, no need to pay it by cash, dude.
Yang gue pahamin selama jadi mahasiswa sih, ini buat mempermudah dalam hal pembayaran segala macem urusan akademik kita sama kampus gitu. Dan juga supaya biro akademik dan bank di kampus ga penuh kalo tiap semesteran. Desak-desakan gitu kan gak level ya, nanti dikirain kampus kamu lagi bagi bagi sembako lagi.
Ini dia langkah-langkah mengurus KTM yang hilang (ini mungkin bisa beda tergantung kebijakan masing-masing bank dan kampus) :

1. Lapor ke Bank
Lapornya sih biasanya ke satpam yang depan pintu itu ya, seakankita ngga boleh banget ketemu teller bank nya, seakan teller bank itu semacem mentri pertahanan US yang sangat eksklusif padahal biasa aja (sorry baper dikit haha) bilang aja gimana, kalo KTM ilang biasanya ditanyain buku tabungan. Syukur kalo ada, bisa langsung isi form dan fotokopi KTP yang udah jadi barusan. Kalo buku tabungannya juga ilang? Kamu bakal diminta isi formulir, tapi dengan syarat membawa surat keterangan kehilangan KTM dari polisi. Ini suratnya beda yah sama surat kehilangan KTP dan dompet tadi, jadi suratnya kepisah.


2. Lapor ke Polisi
Nah ini nih, kamu pergi lagi ke polisi. Prosedurnya sama, biasanya ditanyain kapan hilangnya, dimana hilangnya, apa username instagramnya (?) terus ditanyain nomor induk mahasiswa kamu. Pasti itumah dijawab luar kepala kan, apalagi yang ujiannya suka remedial pasti hattam banget #ups


3. Kembali ke Bank
Kamu kembali berhadapan dengan satpam depan pintu itu, bilang aja persyaratannya udah semua. Nah baru deh kamu ketemu 4 mata sama teller bank yang eksklusif itu hahaha. Sisanya sih tinggal proses aja dari pihak Bank nya. Kamu bisa ngadem dulu di AC Bank yang adem itu sembari istirahat setelah perjuangan lapor-melapor itu.


4.  KTM Kamu Jadi
Nah, pelajaran penting buat kamu yang KTM nya pernah hilang. Jangan ceroboh lagi nyimpen KTM, kalo kamu aja ceroboh nyimpen KTM, gimana kamu mau nyimpen hati aku? #LOL
Sekian ibu-ibu bapak-bapak, siapa yang punya anak bilang aku aku yang tengah malu sama teman temanku karena cuma diriku yang tak....... ah sudahlah~


Sekian ya pals, semoga bermanfaat dunia akhirat :)

Gue domo ricky, cabut! Bye~
  
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar