About Me

Foto saya
Even gravity loves me.

Selasa, 17 Mei 2011

Membuat Vas Bunga

kali ini tugas kesenian yang dikasih ama Pak Cecep disuruh buat vas bunga (kelas ipa) dan guci kalo gak salah (kelas ips). medianya itu tanah liat (lempung) yang udah dikoordinir sama pak Cecepnya. tugas ini 'katanya' sih terinspirasi dari study tour kita waktu itu ke Jogja, namanya desa Kasongan yang sebagian besar warga disitu tuh kerjanya pengrajin tanah liat. emang sih disana tuh bagus-bagus banget. lucu-lucu malah :D maunya sih, 'borong' hehehe cuma takut pecah dijalan, jadinya gue cuma bisa liat-liat doang deh #ngenes hahahaha

Pak Cecep sih nyaranin pembuatannya tuh teknik pililn, guys. katanya itu yang paling gampang buat pemula. caranya :
1. buat alas. ambil satu bagian lempung terus bentuk bulat dengan tangan. setelah itu taruh di atas alas plastik (untuk memudahkan) lalu pipihkan sesuai dengan ukuran alas vas yang ingin dibuat. ingat, usahakan alas vas bunga itu tebal, karena jika tipis akan mudah pecah.
2. buat pilinan pertama. ambil satu bagian lempung lalu bentuk bundar terlebih dahulu. setelah itu akan mudah untuk membuat pilinan memanjang dengan ketebalan yang sama.
3. taruh pilinan pertama itu diatas alas vas yang sudah dibuat pada no. 1 secara melingkar.
4.setelah itu tekan sedikit pilinan pertama tadi ke alas vas. rekatkan kedua sisinya dengan menggunakan air. caranya cukup dengan jari yang dibasahi oleh air. tapi jangan terlalu basah karena akan menyebabkan lempung menjadi lembek dan tidak beraturan.
5.ulangi langkah yang sama hingga vas sesuai dengan yang diinginkan. lalu jemur dibawah terik sinar matahari.
6. vas bunga siap di cat dengan acrylic atau cat sejenis :)

gimana ? mudah ya guys hahahaha gue sih awalnya bikin tuh roboh terus gara22 kebanyakan air -_-" hehehe tapi gue terus coba akhirnya bisa jadi juga dan itu cuma buthu waktu 3 jam lho guys (?! lama beneeeeeeeer) hahaha dari gue pulang sekolah jam 4 sampe maghrib. akhirnya selesai jugaa :)
mau tau nggak kayak apa?
kayaaaaak..gini nih :

wow bangeeet!

KEREN BANGET SUMPAH NGGAK BOHONG GILA ! MEWAH ABIS SUMPAH GAK NAHAN BANGET MOTIFNYA UNYU WAAAW ! KEREN ABIS SUMPAAAAAAAAHH !!!!!!

ups..
tapi... bohong ding !! hahahahahahahahaha :-D
gak mungkinlaah gue bikin yang kayak gituu -_-"
tapi gue seneng sama vas reggae gue (atau pelangi) yang ini nih :

rainbow smilee :)
 hahahaha jangan komentar yaa gue tau punya gue jeleeek hihi ^^
warnanya karena gue terkenang tiba tiba sama Alm. Mbah Surip hehehe :D

tak gendoong, kemana manaa.. 
tak gendoong, kemana manaa..
enak tooh, mantep tooh.. 
daripada kamu naik pesawat kedinginan mendingan tak gendong tooh.. 
enak tooh.. ayoo, mau kemanaa? hahahahah :D

wheeeere, are you going ?
okeeey, I am  walking
wheeeere, are you going ?
okeeeey, my darling
aaaaaaaaaaa...... aaaaaaaaaaaaaa........... aaaaaaaaaaaaaaa...........

wakakakaka kocaaaak :DD
maklum yeh, gue kan anggota klub sayang mbah Surip cinta Reggae hahahaha #boongdeng
oke dadaaaaaaaaaaah ^o^//*

3 komentar: